Desain Jendela

Jasa Arsitek Bali : Mendesain Jendela

Mendesain Jendela – Mendesain jendela merupakan hal yang wajib pada saat merencanakan sebuah rumah yang akan dibangun. fungsi dari jendela sendiri adalah sebagai ventilasi sirkulasi udara agar udara di dalam rumah dapat berputar dan mengganti udara di dalam ruangan dengan udara yang baru sehingga di dalam ruangan menjadi lebih fresh. Apalagi rumah yang sempit, sangat dibutuhkan pertukaran udara. Selain sebagai ventilasi udara, jendela juga berperan penting dalam estetika sebuah bangunan. Maka desain jendela sendiri harus bisa mengikuti desain atau konsep dari bangunan itu sendiri.

(Baca Manfaat Jendelahttp://arsitekperencana.com/penempatan-desain-jendela-yang-baik/)

Jenis-jenis jendela ada banyak macamnya, mulai dari jendela nako, jendela ayun, jendela kaca mati, jendela pivot, jendela geser dan lainnya.

(Macam-macam jendela bisa anda lihat di sini:

https://jasaarsiteksolo.weebly.com/artikel-kami/mendesain-jendela)

Pemilihan jenis jendela yang akan digunakan, bergantung dari beberapa hal. Mulai dari di mana jendela itu ditempatkan, konsep bangunannya, fungsi dari jendela, desain interior di dalam ruangan dan yang lainnya.

Pada tahun 2018 ini masih banyak yang menggunakan jendela minimalis dengan tidak terlalu banyak ornamen dan cenderung lebih sederhana. Karena tren tersebut juga mengikuti konsep minimalis pada desain bangunannya.

Desain jendela juga harus menyesuaikan dengan rencana desain interior yang akan digunakan. Sehingga nantinya, jendela tersebut serasi dan sesuai tidak hanya pada eksterior bangunan namun juga serasi dengan interior di dalamnya.

Untuk pemilihan material juga harus diperhatikan. Apalagi letak lokasi jendela kebanyakan bersinggungan langsung dengan lingkungan luar yang terbuka. Sehingga jendela bisa terkena hujan secara langsung dan lingkungan yang lembab. Untuk jenis material kayu masih banyak yang berminat. Tetapi material kayu dibutuhkan perawatan yang lebih mahal. Untuk bangunan seperti kantor dengan jendela yang lebih banyak, biasa menggunakan material aluminium yang agak lebih awet dan minim perawatan serta lebih murah dari pada material kayu.

Selain jendela, ada alternatif lain dalam memilih pencahayaan alami yaitu penggunaan skylight. Skylight merupakan bagian dari elemen bangunan yang fungsinya sama dengan jendela. Biasanya penempatannya berada di atap dari sebuah bangunan.

 

Mendesain Jendela

Untuk mendesain jendela seperti halnya mendesain sebuah bangunan. Dibutuhkan seorang yang ahli dalam mendesain jendela tersebut. Tentu saja san arsiteklah yang bisa menentukan jenis desain jendela yang sesuai dan fungsional pada sebuah bangunan. Bagi anda yang membutuhkan desain jendela dan masih bingung untuk menetukan jenis jendela yang akan diaplikasikan pada rumah, anda bisa konsultasikan kepada kami di : jasaarsitekbali.wordpress.com Telp. & WA 08122697272.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s